People Innovation Excellence

Tips Mengajak Anak Remaja Berlibur Bersama

Dear Parents, menjelang musim liburan akhir tahun tentu banyak keluarga yang sudah mulai mempersiapkan rencana untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Akan tetapi, tentu ada satu hal yang bisa kita sepakati bersama bahwa mengajak anak yang sudah memasuki masa remaja adalah suatu hal yang tidak mudah. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat parents coba terapkan pada saat hendak mempersiapkan liburan keluarga.

  1. Give them space

Tentu sebagai Orang tua kita berharap liburan keluarga adalah kesempatan bagi kita untuk bisa lebih dekat dengan anak. Akan tetapi, sebagai Orang tua kita juga perlu lebih peka bahwa remaja adalah masa dimana seseorang membutuhkan kebebasan dan ruang pribadi. Oleh karena itu, sekalipun acara keluarga jangan lupa untuk tetap memberi ruang bagi mereka melakukan hal yang mereka rasa nyaman.

  1. Membawa teman / saudara sepantaran anak kita

Supaya suasana liburan lebih seru, boleh juga mengajak saudara atau teman yang dekat dengan anak sehingga anak-anak tetap bisa terhubung dan bisa melakukan aktivitas yang seru dengan teman sebaya-nya.

  1. Be flexible

Hal yang tidak kalah penting adalah sebagai parents kita perlu ingat bahwa liburan keluarga bukan perkemahan militer. Sehingga, kita perlu berlatih untuk lebih fleksibel baik dari sisi waktu, kegiatan, dan juga kebiasaan-kebiasaan yang biasa diterapkan di rumah dapat disesuaikan di masa liburan sehingga mahasiswa dapat merasakan perbedaan liburan dengan keseharian atau rutinitas di rumah.

  1. Stay connected on the Internet

Hal terakhir yang juga perlu diperhatikan yakni terkait pemakaian internet. Bisa dipahami bahwa sebagai Orang tua kita berharap agar ketika masa liburan keluarga, anak bisa lebih terlibat dalam kegiatan semasa liburan bersama keluarga. Akan tetapi, di sisi lain kita juga perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman yang mana saat ini sulit untuk memisahkan diri dengan gadget dan dunia internet. Dan alih-alih melarang anak kita menggunakan gadget dan membuat suasana liburan menjadi tidak nyaman, coba untuk memberi ruang bagi anak kita agar dapat menggunakan gadget sehingga anak dapat tetap terhubung dengan teman-temannya dengan tetap memberi batasan atau membuat kesepakatan bersama dengan anak.

Demikian beberapa tips yang dapat dicoba. Semoga bermanfaat bagi parents untuk mempersiapkan liburan yang menyenangkan bersama putra/i-nya.

Family Holidays With Teenagers: 5 Ways to Make Them Merry (yourteenmag.com)

tips to take teenagers for holiday – Search (bing.com)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close