People Innovation Excellence

Tips untuk orang tua dalam menyeimbangkan antara bekerja, namun tetap dapat memantau perkembangan studi mahasiswa

Dear Parents, tidak dipungkiri menjalani peran sebagai parents namun di saat yang sama juga harus bekerja tentunya tidak mudah. Di satu sisi bisa dipahami tentunya sebagai parents kita ingin memantau perkembangan studi mahasiswa. Akan tetapi di sisi lain ada hal-hal atau kondisi yang menuntut kita sebagai parents keduanya untuk harus bekerja. Berikut ini ada beberapa tips yang sekiranya dapat dicoba diterapkan oleh parents untuk bisa memantau perkembangan studi mahasiswa dan di saat yang sama tetap bisa menjalani pekerjaannya.

  1. Quality time and be available

PR terberat menjadi parents bekerja tentunya adalah membagi waktu antara bekerja namun tetap dapat menjalani peran sebagai orang tua. Akan tetapi sesibuk-sibuknya kita sebagai parents sedapat mungkin kita perlu tetap meluangkan waktu setiap harinya untuk bisa mengobrol dan berdiskusi dengan anak walaupun hanya sebentar. Supaya anak paham bahwa kapan pun ia tetap dapat menjangkau Orang tua mereka kapan pun mereka butuh. Untuk dapat membangun kebiasaan agar anak mau bercerita kepada Orang tua terkadang memang tidak mudah, untuk beberapa orang tua tentunya merasa kesulitan untuk bisa bicara dengan anak remaja yang menjelang dewasa. Oleh karena itu yang dapat dilakukan adalah, dengan memberi contoh. Dimulai dari kita untuk menceritakan bagaimana hari kita, baru kemudian anak memiliki gambaran bagaimana ia dapat menceritakan tentang keseharian mereka di Kampus.

  1. Time Management

Tantangan lain yang juga dihadapi orang tua bekerja adalah bagaimana kita dapat mengelola waktu yang terbatas. Untuk ini, maka parents dapat mencoba untuk menentukan ekspektasi yang masuk akal dan realistis untuk tetap dapat produktif dalam bekerja, tapi juga tetap memiliki waktu luang untuk dihabiskan bersama dengan keluarga, terutama dengan anak, dan tidak melewatkan tanggal-tanggal penting bagi anak kita.

  1. Libatkan anak dalam kegiatan atau aktivitas sehari-hari

Terakhir, hal yang mungkin kita anggap sederhana tetapi sesungguhnya dapat membangun kedekatan antara orang tua dan anak yakni bagaimana kita dapat melatih anak untuk turut terlibat dalam kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Bagaimana anak diberikan tanggung jawab juga untuk dapat membantu kita dalam mengerjakan pekerjaan rumah, supaya anak dapat memiliki perasaan sense of belonging, dan perasaan bahwa ia sebagai anak juga memegang peran penting dalam keluarga.

Semoga tips singkat ini dapat membawa parents untuk menemukan insight dalam menyeimbangkan waktu antara bekerja, namun di saat yang sama juga tetap bisa hadir untuk putra/i-nya.

www.hindustantimes.com


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close