People Innovation Excellence

Tips Membangun Budaya Kejujuran pada Anak

Kejujuran merupakan salah satu karakter penting yang perlu dimiliki oleh seseorang, yang mana karakter sesorang tidak dibangun dalam satu malam melainkan suatu hal yang perlu ditanamkan sejak dini. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita memegang peranan penting untuk dapat membangun pribadi anak yang berintegritas, salah satunya dengan menanamkan nilai kejujuran. Berikut ini tips yang sekiranya dapat dicoba dipraktikan oleh Bapak/Ibu untuk dapat membangun budaya jujur pada anak

Ajak anak untuk memahami pentingnya kejujuran

Waktu yang baik untuk mendiskusikan tentang kejujuran adalah ketika sedang santai, dan bukan pada saat anak melakukan atau berbuat tidak jujur. Orang tua perlu berhati-hati agar diskusi tidak menjadi sesi nasehat yang panjang. Sehingga penjelasan yang singkat sudah cukup, dan perbanyak diskusi agar kita lebih memahami apa yang dipikirkan oleh anak kita, dan memberi kesempatan pada anak untuk mengutarakan isi pikiran dan perasaannya.

Hargai dan apresiasi ketika anak berbuat jujur

Mari diingat bersama bahwa mengutarakan kebenaran atau berkata jujur ketika seseorang berbuat kesalahan adalah suatu hal yang sulit. Oleh karena itu, ketika anak kita sedang berlatih untuk mengakui kesalahannya, kita sebagai orang tua perlu belajar untuk menghargai dan memberikan apresiasi bahwa setidaknya anak sudah memberanikan diri untuk mengakui kesalahannya walaupun tidak mudah. Hukuman yang berlebihan ketika anak mengakui kesalahan justru membuat anak takut untuk jujur dan terbuka ketika berbuat salah.

Jadi model atau teladan untuk anak kita

Cara tercepat dan termudah bagi anak untuk belajar adalah dengan cara meniru atau melihat apa yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu sebagai orang tua, kita juga perlu memberikan contoh nyata kepada anak pentingnya bersikap jujur di berbagai situasi. Agar apa yang kita sampaikan sekiranya selaras dengan perilaku dan bisa menjadi contoh yang konsiten bagi anak-anak kita.

 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://greatergood.berkeley.edu/


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close