People Innovation Excellence

Bagaimana menjadi orang tua seorang mahasiswa

Meski seorang anak sudah menjadi Mahasiswa, mereka tetap membutuhkan orang tua sebagai tempat untuk bertanya dan berbagi. Bagaimana peran orang tua dalam mendampingi mahasiswa ?

  • Mahasiswa masih membutuhkan dorongan dari orang tua seumur hidupnya. Saat anak memasuki perkuliahan, maka terdapat tuntutan kehidupan kampus dalam segi akademik, sosial, emosional dan fisik
  • Mahasiswa masih membutuhkan bimbingan orang tua. Mahasiswa dituntut untuk mandiri. Saat mereka memiliki kendala, maka dampingi mereka dalam menjalani situasi pelik tersebut. Orang tua dapat menawarkan “bantuan” dengan memberikan saran, namun tetap berikan pilihan kepada mahasiswa untuk menempuh cara yang mereka pilih sendiri.
  • Mahasiswa masih membutuhkan batasan dari orang tua. Mahasiswa tetap perlu mengetahui apa yang kita anggap benar dan salah, sehat dan tidak sehat, dapat diterima dan tidak dapat diterima. Orangtua tidak bermaksud mengekang, tetapi Orang Tua berusaha menunjukkan rasa cinta kepada Mahasiswa melalui pemberian kebebasan yang tetap memiliki konsekuensi ketika Mahasiswa melakukan kesalahan
  • Mahasiswa masih membutuhkan kepastian orang tua. Anak-anak kita dihadapkan dengan banyak pilihan setiap hari: kelas mana yang harus diambil, jurusan mana yang harus dipilih, pertemanan seperti apa yang harus dimiliki, hubungan romantis mana (jika ada) yang harus dikejar, keinginan mana yang harus dipenuhi saat ini, dan mana yang paling baik atau perlu ditahan untuk masa depan. Mahasiswa memproses semua pilihan ini dengan pola pikir yang masih akan terus berkembang. Mereka membutuhkan jaminan dari orang tua bahwa setiap keputusan tidak selalu mengarah pada benar atau salah. Mereka perlu mengetahui bahwa orang tua mendukung mereka dan bahwa orang tua percaya pada mereka, terutama ketika mereka tidak percaya pada diri mereka sendiri.
  • Mahasiswa masih membutuhkan kehadiran orang tua. Mereka perlu mengetahui bahwa rumah masih merupakan tempat yang aman dan menyenangkan.
  • Mahasiswa masih membutuhkan bantuan orang tua. Mahasiswa tetaplah anak orang tua, maka sesekalni orang tua dapat datang ke tempat kos mahasiswa untuk menawarkan bantuan atau orang tua dapat menelepon untuk menayakan kabar atau kebutuhan mereka.
  • Mahasiswa masih membutuhkan cinta orang tua. Cinta kasih tanpa syarat adalah yang mereka butuhkan saat ini dalam menghadapi perubahan kehidupan remaja menuju dewasa

Sumber

https://grownandflown.com/college-students-need-parenting/


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close