People Innovation Excellence

TIPS bagi Orang Tua dengan Remaja kebutuhan khusus Autisme

Jika Orang Tua memiliki remaja dengan spektrum autism tentunya merawat anak autis bisa secara fisik melelahkan dan menguras emosi. Tentunya Orang Tua mencoba untuk menyeimbangkan waktu dan energi dengan kebutuhan remaja berkebutuhan khusus dan anak-anak lain, kebutuhan pernikahan dan pribadi sendiri tidaklah mudah. Perlu waktu untuk menemukan keseimbangan yang baik dan mempraktikkannya.

Berikut tips yang dapat Orang Tua lakukan untuk diri sendiri :

  1. Praktikkan perawatan diri. Meskipun hanya 15 menit sehari, istirahatlah. Orang Tua perlu menjaga diri sendiri agar bisa menjaga orang lain. Luangkan waktu untuk diri sendiri agar Orang Tua dapat melakukan tugas, bersantai, atau menikmati waktu bersama pasangan atau anggota keluarga lain
  2. Akui tugas / kegiatan apa saja yang telah Orang Tua capai. Pikirkan tentang semua yang telah Orang Tua capai hari itu. Orang Tua akan kagum dengan panjangnya daftar itu dan Orang Tua akan merasa lebih bersemangat untuk memulai hari berikutnya.
  3. Fokus pada hal positif. Tidak ada dalam hidup ini yang sempurna. Setiap situasi memiliki aspek positif dan negatif. Berfokus pada hal-hal positif, seperti kemajuan yang dicapai anak hal ini akan memberi Orang Tua semangat dalam menjalani hari.
  4. Tetap lakukan ritual keluarga. Kegiatan ini akan membantu seluruh keluarga Orang Tua. Jumat malam menonton bersama keluarga atau makan siang hari Minggu di taman. Tradisi dan ritual memberi keluarga Orang Tua rasa stabilitas yang dapat menciptakan waktu menyenangkan untuk dinikmati bersama.
  5. Beri waktu untuk penyesuaian diri. Bersabarlah dengan diri sendiri. Perlu waktu untuk memahami kondisi anak dan pengaruhnya terhadap Orang Tua dan keluarga. Ada kalanya Orang Tua merasa tidak berdaya dan marah karena kondisi anak telah menghasilkan kehidupan yang jauh berbeda dari yang Orang Tua rencanakan. Ingat, Orang Tua juga akan merasakan harapan saat anak Orang Tua mulai membuat kemajuan.
  6. Luangkan waktu untuk teman-teman Orang Tua. Banyak orang tua melaporkan bahwa persahabatan yang langgeng telah memberi mereka kekuatan dan kenyamanan selama masa-masa sulit. Jika Orang Tua merasa kesepian, inilah saatnya menghubungi teman-teman Orang Tua.
  7. Jelajahi minat kreatif. Cobalah untuk berolahraga atau jelajahi beberapa minat kreatif. Luangkan waktu untuk menyadari bahwa Orang Tua penting dan lebih dari sekadar orang tua dari Remana dengan kebutuhan khusus autis.
  8. Bergabunglah dengan komunitas autisme! Terkadang keluarga merasa terisolasi dari orang lain. Penting untuk terhubung dengan keluarga yang memiliki pengalaman serupa dan mencari dukungan dari orang lain.
  9. Cari bantuan profesional. Jika Orang Tua tidak memiliki anggota keluarga atau teman untuk mengasuh, Orang Tua dapat mencari bantuan pengasuh. Orang Tua dapat memulihkan tenaga dan fokus pada diri sendiri bahkan untuk waktu yang singkat setiap minggu. Pengasuh memungkinkan Orang Tua untuk beristirahat untuk membebaskan Orang Tua untuk mencegah stres dan kelelahan.

 

Diambil dari:

A PARENT’S GUIDE TO AUTISM. AUTISM SPEAKS 2018 www.autismspeaks.org


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close