People Innovation Excellence

Hidup Sehat Sekeluarga

Ayah bunda yang berbahagia, ada 2 nikmat yang Tuhan berikan kepada kita yang sering tidak kita sadari sampai dengan akhirnya 2 nikmat tersebut “dicabut”, yaitu : Waktu luang dan Kesehatan. Kali ini artikel ini akan membahas mengenai Menjaga Kesehatan dalam Keluarga.

Menjaga kesehatan adalah tanggungajawab dari setiap anggota keluarga, bukan hanya tanggungjawab para bunda saja. Dari mulai, ayah, bunda, anak-anak, bahkan oranglain yang tinggal dalam rumah kita, wajib menjaga dan bertanggungjawab atas terjaganya kesehatan dari tiap-tiap anggota keluarga. Terlebih disaat banyak wabah penyakit yang sedang merebak.

Saat ini kita sedang dihadapkan pada permasalahan kesehatan mendunia, yaitu wabah virus Corona. Diluar wabah tersebut, musim penghujan yang saat ini sedang terjadi, “memaksa” kita untuk lebih ekstra menjaga kondisi tubuh kita dan mencanangkan pola hidup sehat.

Adapun yang pertama bisa kita lakukan dalam rangka hidup sehat sekeluarga adalah, dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat. Misalnya dengan pemilihan makanan yang kaya serat seperti sayur dan buah. Jangan lupa makan makanan yang mengandung protein seperti ikan dan yang mengandung “lemak baik” seperti kacang-kacangan. Akan lebih aman apabila anak-anak bisa membawa bekal dari rumah yang diolahnya terjamin baik kebersihan dan kesehatannya. Jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi air putih juga. Bisa juga kita tambahkan dengan mengonsumsi vitamin, karena vitamin tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita sehingga kadang mungkin kita membutuhkannya untuk membantu agar kita tetap bugar.

Yang kedua adalah, berolahraga secara rutin. Kegiatan ini memiliki manfaat yang luar biasa, bukan hanya membuat badan sehat namun ketika kita melakukannya bersama sama dengan keluarga, kegiatan ini bisa membuat hubungan antara anggota keluarga lebih hangat dan meningkatkan ikatan emosional. Misalnya olahraga rutin tiap akhir minggu dengan keluarga, seperti joging atau bersepeda. Tidak kalah penting juga, untuk menjaga kualitas tidur yang cukup, yaitu 5 sampai dengan 8 jam sehari, untuk orang dewasa.

Binus sendiri sangat concern dengan issue kesehatan ini, ditambah dengan kondisi cuaca saat ini dan merebaknya wabah penyakit di negara lain dan juga di Indonesia. Salah satu bentuk kepeduliaan Binus adalah dengan menggalakan program GESIT, “Gerakan mahaSIswa sehaT”. Diantara kegiatan yang sudah dilakukan oleh Binus, yaitu Lari bersama yang dilakukan oleh karyawan dan mahasiswa. Upaya yang lain juga, Binus juga sudah menyediakan fasilitas hand sanitizer dibeberapa spot di kampus Anggrek dan Syahdan. Hal ini sebagai salah satu upaya lain yang dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan dari semua penghuni kampus. Bahkan diawal pekan ini, setiap kali karyawan dan mahasiswa hendak memasuki area kampus, kami semua dicek terlebih dahulu suhu tubuhnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan (dari GESIT Binus University), yaitu : Mencuci tangan dengan sabun, makan makanan bergizi, minum air putih minimal 8 gelas per hari, memakai masker jika batuk dan atau pilek, tidak merokok, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, hati-hati pada saat kontak dengan hewan, tidak mengonsumsi daging yang tidak dimasak, periksa ke Dokter apabila merasa kurang sehat.

Selain dari menjaga kondisi fisik juga sehat, menjaga kesehatan mental juga sama pentingnya. Layaknya ketika kita sakit flu misalnya, kita pergi ke dokter. Sama halnya apabila ada anggota keluarga yang mengeluhkan mengenai kondisi kesehatan psikologisnya, misalnya sedang mengalami stres, maka sebaiknya anggota keluarga mendukung dan mendampingi anggota keluarga lain untuk pergi ke Tenaga Profesional, seperti Psikolog atau Psikiater guna mencari bantuan, apabila dibutuhkan.

Dari ini semua, marilah kita menjaga kesehatan dari tiap-tiap anggota keluarga, baik dari segi kesehatan fisik, juga kesehatan mental.

 

Sumber :

Tangkis Virus Dengan GESIT, “Gerakan mahaSIswa sehaT” Binus University

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makanan-sehat-untuk-orang-sibuk-2/

https://www.klikdokter.com/tag/kesehatan-keluarga


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close