People Innovation Excellence

10 Tips Menjadi Orangtua Bahagia

Dear Parents, bagaimana cara menjadi orangtua yang bahagia selama mendidik anak Anda? Berikut ada 10 tips praktis!

  1. Connect with your kid

Upayakan untuk selalu terhubung dengan anak Anda. Terlebih, bagi parents yang sibuk bekerja, Dr. Laura Markham, psikolog klinis di New York City menyarankan untuk mengukir kenangan yang baik dengan anak Anda, sesibuk apapun Anda bekerja. Hal ini akan membuat Anda dan anak Anda bahagia. Misalnya, mengajak anak Anda makan malam menu favorit mereka.

  1. Bersikap Proaktif

Apakah parents pernah berteriak atau bahkan membentak anak Anda? Maka Anda perlu menemukan cara untuk menyiapkan diri lebih baik sehingga dapat lebih tepat bersikap terhadap anak Anda. Berupayalah untuk mengantisipasi hal yang menjadi kekhawatiran Anda. Misalnya, membaca tips praktis parenting.

    3. Stop yelling.

Apakah parents sering marah dengan berteriak kepada anak Anda? Kabar baiknya, hal ini bisa dihentikan. Pertama, ketika Anda mengomel, buatlah daftar yang dapat membuat Anda merasa tenang. Misal nya, minum air hangat, menghirup aroma terapi, mengambil nafas dalam. Hal ini bertujuan supaya Anda menerima dan mengontrol emosi diri Anda. Hal ini membutuhkan waktu sampai Anda tidak berteriak kepada anak Anda. Alhasil, jika Anda sudah bisa marah kepada anak Anda tanpa berteriak, maka Anda sedang mengajari anak Anda bahwa melampiaskan marah kepada oranglain tidak dengan cara berteriak.

  1. Be kind to yourself.

Berupaya untuk menjadi diri sendiri dengan cara menerima segala kekurangan, kelebihan bahkan kesalahan-kesalahan Anda. Meluangkan waktu untuk self talk hal positif kepada diri Anda “Saya sudah berupaya yang terbaik untuk keluarga, saya berharga.”

  1. Nix the guilt.

Berupaya untuk tidak fokus pada kesalahan yang Anda sudah dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan stress dan memengaruhi cara Anda merespon anak Anda. Seorang psikolog Elizabeth Lombardo, mengemukakan salah satu caa sederhana untuk tidak fokus dari kesalahan yaitu meghapus kata “seharusnya saya tidak….” “seharusnya saya lebih…. “

  1. Rate Your Stress

Memberikan urutan ranking stress Anda di rentang skala 1 s.d 10, selanjutnya melakukan cara untuk mengatasi nya. Misalnya, Anda mengukur skala stress Anda suah berada di tingkat 10, Anda dapat meluangkan waktu untuk bermeditasi, minum kopi atau pergi ke Gym.

  1. Be Gratefull

Bersyukur terhadap segala yang sudah diterima dan dimiliki secara teratur setiap hari merupakan kunci kebahagiaan. Buatlah daftar list yang perlu Anda syukuri setiap hari dan mengucapkan terimakasih kepada sang Pencipta karena berkat yang sudah dilimpahkan Nya.

  1. Let it go

Parents, terkadang kita harus bijak untuk melepaskan beban tertentu yang membuat Anda sampai kewalahan atau kehabisan tenaga. Misalnya, Anda perlu melepaskan pikiran Anda mengenai kekhawatiran terhadap hal-hal yang belum terjadi, sebaliknya fokus kepada hal-hal yang penting dalam hidup Anda.

  1. Get some retail therapy.

Studi di dalam Jurnal Social Psychological and Personality Science mengemukakan bahwa membeli barang tertentu, berlibur, berjalan-jalan di Mall dapat memberikan kebahagiaan. Namun, pastikan hal tersebut disesuaikan dengan anggaran Anda.

  1. Meluangkan Waktu Bersama dengan Pasangan

Berupaya untuk meluangkan waktu bersama pasangan Anda, misalnya meluangkan waktu untuk minum teh bersama selama 10 menit sebelum anak Anda bangun tidur. Semakin hubungan Anda kuat dengan pasangan, maka Anda akan menjadi orangtua yang lebih baik.

 

Sumber : https://www.foxnews.com/health/10-secrets-to-happy-parenting


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close