People Innovation Excellence

Adaptasi

Manusia adalah makhluk sosial dan sebagai makhluk sosial yang tidak mungkin hidup sendiri ia akan selalu membutuhkan orang lain. Oleh karenanya manusia harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Adaptasi merupakan penyesuaian diri dan cara atau proses penyesuaian diri pada setiap individu atau manusia berbeda-beda. Ada yang proses adaptasinya cepat, ada pula yang relative lama. Tidak menjadi masalah, pada intinya kita hanya harus tetap melakukan penyesuaian diri. Ketika kita berpindah dari satu lingkungan ke lingkungan yang lain, berpindah tempat pekerjaan, pindah sekolah, atau misalnya dari sekolah menengah ke Universitas pastilah akan ada banyak perubahan, banyak hal-hal baru dan berbeda yang akan ditemui.

Lalu, apa saja sih yang harus dilakukan untuk lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru?

  1. Jangan langsung berpersepsi bahwa lingkungan baru akan sulit untuk. Semua berawal dari pikiran. Ketika kita berfikir bahwa suatu hal itu sulit, memulainya pun akan terasa berat.
  2. Persiapkan diri dan mental.
  3. Menghargai setiap perbedaan, termasuk budaya dan kebiasaan ditempat yang baru.
  4. Jangan ragu untuk bertanya dan meminta bantuan. Jika mendapatkan kesulitan atau masalah, bertanyalah. Interaksi akan membangun hubungan interpersonal yang baik.
  5. Jadilah diri sendiri dan apa adanya.

Jangan merubah kepribadian hanya untuk diterima di suatu lingkungan. Jadilah diri sendiri dan apa adanya.

Kehidupan itu dinamis, bergerak, akan ada banyak hal-hal baru dan cerita baru yang kita temui dan kita bangun dalam setiap perjalanan kehidupan kita. Bersikap adaptif, optimis dan tetap percaya diri. Jadilah hebat dimanapun berada.

 

“Wherever You Stand, Be The Soul Of That Place” – Rumi –

Referensi:

https://www.idntimes.com/life/inspiration/christy-6/5-cara-mudah-beradaptasi-di-lingkungan-baru-c1c2/full

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close