People Innovation Excellence

Keterampilan Hidup untuk Remaja

Halo Ayah dan Bunda! Dalam kesempatan kali ini, SASC ingin berbagi mengenai keterampilan hidup yang penting dimiliki untuk remaja, khususnya bagi mereka yang sedang menjalani perkuliahan. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang keterampilan hidup apa saja, ada baiknya kita ulas dulu mengenai keterampilan hidup itu sendiri.

Keterampilan hidup (life skills) adalah kemampuan untuk beradaptasi dan menunjukkan perilaku positif yang pada akhirnya memampukan individu untuk menghadapi tuntutan dan tantangan kehidupan sehari-hari dengan efektif (WHO, 1997).

Keterampilan hidup ini sangat penting, khususnya bagi mahasiswa. Karena mahasiswa dituntut untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tangguh dalam proses menuju kedewasaan. Hal ini juga berlaku di kehidupan perkuliahan. Mahasiswa akan memiliki banyak tuntutan dan tantangan selama menjalani perkuliahan. Beberapa tantangan yang mungkin muncul adalah tugas yang diberikan dari Dosen, masalah dalam pertemanan ataupun hubungan romantis, materi pembelajaran yang sulit, dan sebagainya. Beberapa keterampilan hidup dalam perkuliahan yang perlu dimiliki oleh mahasiswa adalah manajemen waktu, berpikir kritis, keterampilan belajar, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan untuk mencari bantuan/informasi.

  1. Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan salah satu keterampilan yang paling penting yang perlu dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa dalam satu semester pasti memiliki banyak tugas dan materi yang harus dikuasai. Jika mahasiswa tidak dapat mengatur waktunya, kemungkinan terbesarnya adalah mahasiswa tidak dapat maksimal dalam perkuliahan. Kasus yang sering terjadi adalah mahasiswa menunda-nunda tugas atau pekerjaan, karena mengganggap pengumpulan tugasnya masih lama. Ini akan membuat mahasiswa menjadi santai dan membuang-buang waktunya dengan hal yang tidak berguna. Di detik-detik terakhir sebelum pengumpulan tugas, mahasiswa baru akan menyadari dan mengerjakan tugas apa adanya. Tentu hasilnya tidak akan maksimal, dibandingkan jika mahasiswa sudah mengerjakannya sejak awal.

 

  1. Berpikir Kritis

Sebagai mahasiswa, tentunya mereka diharapkan untuk bisa berpikir kritis. Berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional. Definisi lain dari berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis data ataupun fakta yang ada untuk mencari kesimpulan ataupun solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Keterampilan untuk berpikir kritis sangat dibutuhkan mahasiswa untuk bisa menemukan data atau informasi yang tepat dalam pengerjaan tugas ataupun saat mengikuti pembelajaran di kelas.

 

  1. Keterampilan Belajar

Dalam mengikuti perkuliahan, mahasiswa pasti akan sering mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu mahasiswa perlu memiliki keterampilan belajar. Ada banyak keterampilan belajar yang berguna bagi mahasiswa untuk dapat menguasai materi dengan efektif dan efisien. Contohnya adalah keterampilan untuk menemukan ide-ide penting, mencatat secara efektif dan efisien, membuat mind-mapping, kemampuan mengingat, keterampilan untuk menjelaskan ide, kemampuan menulis, dan sebagainya.

 

  1. Komunikasi Asertif

Sebagai mahluk sosial, tentu manusia tidak dapat lepas dari komunikasi. Dalam perkuliahanpun, akan ada banyak interaksi yang terjadi. Mulai dari hubungan pertemanan, pacaran, pengerjaan tugas kelompok, bahkan skripsi. Untuk menghadapi masalah yang mungkin terjadi karena interaksi antara individu, mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi dengan asertif. Asertif adalah salah satu bentuk komunikasi, dimana kita dapat menyuarakan ide/pemikiran kita tanpa bersikap agresif.

 

  1. Keterampilan untuk Mencari Bantuan/Informasi

Saat menghadapi suatu masalah, kadang kita tidak memiliki informasi atau sumber daya yang cukup untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pada saat itulah kita harus tahu kemana kita bisa mencari bantuan ataupun informasi yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu contoh pencarian bantuan adalah jika mahasiswa BINUS mengalami kendala pembelajaran, mahasiswa bisa datang ke SASC bagian Konseling ataupun Mentoring untuk mencari bantuan ataupun informasi agar mahasiswa bisa menyelesaikan masalahnya.

Selain 5 keterampilan diatas, masih ada banyak keterampilan lain yang dibutuhkan bagi individu agar dapat menyelesaikan masalah ataupun tantangan secara mandiri. Kira-kira, apalagi ya keterampilan hidup yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak kita?

Yok, kita terus belajar membekali dan mendamping anak-anak kita Ayah dan Bunda

 

Sumber:

Chenge, Dorothy & Syomwene, Anne. (2016). Internal Curriculum Supervision Of Life Skills Education In Public Secondary Schools: A Case Of Lugari Sub-County, Kenya. 10.5281/zenodo.166108.

Clarke University. (t.thn.). Essentials Skills for College Students. Dipetik April 1, 2019, dari Clarke University Campus Life: https://www.clarke.edu/campus-life/health-wellness/counseling/articles-advice/essential-skills-for-college-students/

World Health Organization. (1994). Life skills education for children and adolescents in schools. Pt. 3, Training workshops for the development and implementation of life skills programmes (No. WHO/MNH/PSF/93.7 B. Rev. 1). Geneva: World Health Organization.

University of The People. (t.thn.). 5 Study Skills and Techniques for Students who Want to Succeed in College. Dipetik April 1, 2019, dari https://www.uopeople.edu/blog/5-study-skills-and-techniques-for-students-who-want-to-succeed-in-college/

Gambar diambil dari Google

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close