People Innovation Excellence

Manfaat Tradisi Liburan

Liburan Berkualitas dengan Keluarga

Tahun 2016 akan segera berakhir dan musim liburan akan segera tiba. Pada musim liburan ini, ada baiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk menikmatinya. Banyak hal yang biasa dilakukan untuk mengisi musim liburan, salah satunya adalah family gathering. Family gathering merupakan pertemuan dengan keluarga besar (kakek, nenek, om, tante, sepupu dan keponakan). Pertemuan ini dapat dilakukan di rumah salah satu keluarga atau bersama-sama liburan keluar kota. Pertemuan ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Indonesia. Tradisi ini sering dilakukan oleh keluarga di Indonesia terutama pada hari raya atau pada liburan akhir tahun.

Pada anak yang sedang remaja, salah satu tugas perkembangannya menurut Erik Erikson adalah mencari identitas diri. Semakin luas lingkungan yang ia miliki, ia juga semakin banyak memiliki kepentingan sosial. Ia akan merasa menjadi bagian dari sebuah kelompok atau merasa terasingkan dari teman sebaya di sekolah. Ia juga mulai mencari sosok yang dapat dijadikan panutan. Pada masa ini, anak biasanya akan malas apabila diminta untuk berkumpul dengan keluarga. Oleh sebab itu, tradisi keluarga menjadi penting untuk terus dilestarikan. Identitas dan budaya yang kuat dalam keluarga akan menjadi dasar bagi rasa aman dalam diri anak. Banyak manfaat yang didapat dari tradisi keluarga, di antaranya:

  • Rasa memiliki dan saling terhubung satu sama lain

Salah satu anggota keluarga dapat memiliki peranan penting bagi anggota keluarga lain. Kedekatan yang terjalin dapat membuat seseorang merasa memiliki orang yang dapat diandalkan ketika menghadapi masalah.

  • Kenangan yang menyenangkan

Kenangan saat liburan bersama keluarga akan terus membekas sampai seseorang beranjak dewasa. Salah satu penelitian oleh Family Holiday Association mengungkapkan sebanyak 49% partisipan penelitian yang merupakan penduduk Inggris menyatakan bahwa kenangan terindah mereka adalah saat liburan bersama keluarga. Kenangan indah yang tercipta saat liburan keluarga dapat memberikan ketenangan saat seseorang dihadapkan pada kesulitan. Kenangan indah tersebut juga membuat seseorang menjadi lebih optimis mengatasi masalah dan menjalani kehidupan.

  • Rasa aman

Ikatan yang kuat antar keluarga akan memberikan rasa aman bagi seseorang. Seseorang tidak pernah terlepas dari lingkungan sosial dan keluarga adalah lingkungan sosial pertama bagi tiap orang.

  • Interaksi antar saudara

Interaksi antar saudara dapat mengurangi keinginan seseorang untuk menyendiri

  • Memahami nilai-nilai yang dipegang keluarga

Dengan adanya family gathering, seseorang memelajari nilai-nilai yang dipegang keluarga. Nilai-nilai ini penting saat seseorang tumbuh dewasa. Nilai-nilai dasar yang kuat dapat membantu dalam pembentukan jati diri seseorang

  • Membentuk identitas diri

Family gathering membantu seseorang mempelajari tentang asal-usul diri, seiring perkembangan usia ia akan semakin merasakan pentingnya mengetahui asal-usul keluarga.

Bagi anak remaja menjelang dewasa, tradisi ini menjadi sangat membosankan. Acara kumpul keluarga bisa lebih menyenangkan dengan beberapa cara. Simak tips di bawah ini agar kumpul keluarga menjadi kenangan terindah bagi setiap anggota keluarga:

  • Buat permainan

Anggota keluarga dapat dibagi menjadi beberapa tim kemudian dibuat kuis atau permainan yang memicu persaingan sehat antar tim.

  • Memasak dan mendekorasi rumah bersama

Memasak dapat menjadi kegiatan yang sarat kualitas. Mendekor rumah bersama-sama selain dapat meningkatkan kreativitas juga dapat menciptakan waktu berkualitas antar anggota keluarga.

  • Tukar kado

Setiap orang senang menerima hadiah. Acara tukar kado ini dapat menjadi menyenangkan dengan hadiah-hadiah unik yang tidak perlu mahal namun kreatif.

  • Nonton bareng

Menikmati film bersama keluarga dapat menjadi hal yang menyenangkan. Pilih film komedi dan nikmati tertawa bersama keluarga.

Pada dasarnya tradisi ini bukanlah hal sulit. Tradisi keluarga ini merupakan lem yang dapat merekatkan hubungan antar anggota keluarga. Tak jarang tradisi ini menjadi hal yang dinantikan oleh setiap anggota keluarga. Apapun agama atau kepercayaan yang anda pegang, tradisi keluarga ini hendaknya terus dibudayakan dan menjadi bagian dari keluarga.

Sumber:

https://middleearthnj.wordpress.com/2015/12/14/holiday-traditions-your-teens-will-love/

http://www.huffingtonpost.co.uk/2015/06/23/family-holidays-happy-memories_n_7643456.html

http://www.deseretnews.com/article/865566490/When-family-traditions-become-uncool-Creating-holiday-traditions-teens-can-be-excited-about.html

 

 

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close